Blog ini dibuat darurat untuk memenuhi tugas akhir KPIP. Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Pak Chatief Kunjaya yang telah sabar membimbing dan mengajari kami tentang Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Silahkan menggila di blog ini. Jazakallahu khairan.

Rabu, 01 Desember 2010

Sejarah Gelombang Mikro

 Keberadaan gelombang elektromagnetik telah diprediksi oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1864. Pada 1888, Heinrich Hertz adalah orang pertama yang menunjukkan keberadaan gelombang elektromagnetik dengan membangun suatu alat yang diproduksi dan terdeteksi gelombang mikro di wilayah UHF. Desain yang digunakan seperti bahan kuda-dan-buggy, titik percikan besi tempa, guci Leyden, dan panjang dari selokan seng yang parabola penampang bekerja sebagai antena refleksi. Pada tahun 1894 JC Bose radio kontrol publik menunjukkan sebuah lonceng menggunakan gelombang milimeter, dan penelitian yang dilakukan ke dalam propagasi gelombang mikro. Mungkin yang pertama, didokumentasikan, gunakan formal dari istilah microwave terjadi pada tahun 1931: “Ketika percobaan dengan panjang gelombang serendah 18 cm dibuat diketahui, ada kejutan yang tak tersembunyi masalah gelombang-mikro telah diselesaikan begitu cepat.” Pada tahun 1943: insinyur Hongaria Zoltán Teluk mengirimkan gelombang radio ultra-pendek ke bulan, yang tercermin dari sana bekerja sebagai radar, dan dapat digunakan untuk mengukur jarak, serta untuk mempelajari bulan.

Penggunaan pertama dari kata gelombang mikro dalam konteks astronomi terjadi pada tahun 1946 dalam artikel "Radiasi Gelombang Mikro dari Matahari dan Bulan" oleh Robert Dicke dan Robert Beringer. Artikel yang sama juga membuat menunjukkan di New York Times yang diterbitkan pada tahun 1951.

1 komentar:

Assalamu'aaikum
thanks atas infonya :)

Posting Komentar